Jumat, 01 Agustus 2014

Beranda » » Tempo.co News Site: Waspadai Wabah Virus Ebola di Afrika

Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Book your hotel early for a discount!

You can reap the rewards with great discounts at participating Pullman, M Gallery, Grand Mercure, Novotel, Mercure, ibis and Formule 1 hotels.
From our sponsors
Waspadai Wabah Virus Ebola di Afrika
Aug 1st 2014, 09:13

Waspadai Wabah Virus Ebola di Afrika  

Petugas kesehatan Samaritan Purse menyemprotkan disinfektan pada jenazah yang terjangkit virus ebola di Pusat Managemen Kasus di Foya, Liberia. Pemerintah Liberia menutup sekolah-sekolah dan akan mengkarantina sejumlah komunitas dalam pencegahan meluasnya virus ebola. REUTERS/Samaritan's Purse/Handout via Reuters

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jakarta - Saat ini pemerintah Liberia sudah menyatakan kondisi gawat darurat atas penyakit virus Ebola yang sangat berbahaya. Ebola termasuk penyakit berbahaya karena menular dan angka kematian korbannya cukup tinggi. Angka kematian korban Ebola mencapai 40 persen. Artinya, empat dari sepuluh pasien yang mengidap virus Ebola tak terselamatkan. (Baca : WHO: Wabah Ebola Afrika Terparah Sepanjang Masa)

Bahkan situs resmi WHO menyatakan angka kematian penyakit ini bisa mencapai 90 persen. Gejala perdarahan yang timbul akibat infeksi virus ini juga dikenal sebagai demam berdarah Ebola (Ebola haemorrhagic fever).

Bagi mereka yang akan berangkat ke Afrika, dokter Ari Fahrial Syam menyarankan agar mempelajari cara-cara agar tidak tertular Ebola. Dokter ini melanjutkan, virus Ebola bisa menyebar ke negara lain lewat kontak antarmanusia. Beberapa petugas kesehatan, termasuk dokter yang melakukan kontak langsung dengan penderita virus Ebola, mengalami infeksi virus ini dan dilaporkan meninggal. (Baca : WHO: Kami Akan Terus Berantas Ebola di Afrika )

Namun, tak seperti flu, infeksi ini hanya bisa tertular lewat kontak langsung dengan darah atau cairan yang berasal dari tubuh penderita. Jadi, penularan Ebola tidak mudah. "Harus ada kontak dekat dengan penderita. Oleh karena itu, yang terpenting otoritas kesehatan bandara harus mencermati para penumpang pesawat yang berasal dari Afrika, terutama yang berasal dari negara yang sedang mengalami wabah tersebut, yaitu Liberia, Guinea, dan Sierra Leone di Afrika," kata Ari.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions