Selasa, 06 Agustus 2013

Beranda » » Liputan6 - RSS 0.92: Kendalikan Nafsu Makan Saat Lebaran, Ini 4 Tips dari Evan Sanders

Liputan6 - RSS 0.92
Liputan6.com merupakan situs berita aktual, tajam, terpercaya yang dimiliki SCTV // via fulltextrssfeed.com 
Kendalikan Nafsu Makan Saat Lebaran, Ini 4 Tips dari Evan Sanders
Aug 6th 2013, 14:26

Oleh Azwin Nugraha

Posted: 06/08/2013 21:00

Kendalikan Nafsu Makan Saat Lebaran, Ini 4 Tips dari Evan Sanders

Evan Sanders (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Liputan6.com, Jakarta : Saat Lebaran, ada banyak makanan yang mengandung santan. Sebut saja opor ayam, rendang, dan sayur ketupat. Kalau kebanyakan, bisa gawat nih. Sebab, dapat meningkatkan kolesterol. Umumnya, kolesterol berasal dari lemak hewani seperti daging kambing. Tapi tak sedikit pula yang terkandung di lemak nabati semisal santan dan minyak kelapa.

Jangan anggap remeh. Kelebihan kolesterol akan menumpuk di dinding arteri dan akhirnya mempersempit hingga mengeraskan pembuluh arteri. Proses ini yang meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Agar bijak saat menyantap hidangan Lebaran, Evan Sanders punya tipsnya:

1. Lebaran cuma sekali
"Kalau makan, jangan seperti baru ngerasain Lebaran. Kan setiap tahun memang ada Idul Fitri, jadi sudah tahu apa saja makanan yang perlu dikurangi atau bahkan dihindari. Makanan di saat Lebaran itu memang enak banget. Apalagi opor ayam dicampur ketupat dan rendang. Wah.. Komplit nih penyakitnya kalau makannya nggak kira-kira."

2. Lihat timbangan
"Sebelum makan, ada baiknya menimbang berat badan. Kalau memang nggak ideal, kan jadi lebih mudah mengontrol nafsu makannya. Kelebihan berat badan tuh bisa nurunin kolestrol baik di dalam tubuh. Tapi jangan sampai salah ya, ini juga berarti yang berat badannya oke tidak boleh terlalu banyak juga maknnya."

3. Banyak bergerak
"Setelah makan, jangan duduk apalagi tidur-tiduran, tidur beneran juga jangan. Tubuh manusia didesain untuk selalu bergerak sehingga sangat dianjurkan untuka banyak bergerak. Kurang bergerak juga bisa meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan yang baiknya."

4. Hindari rokok
"Kalau sudah tahu Lebaran bakal ada makanan yang banyak santannya, sudah tahu kolesterol jahat bisa meningkat, jangan ditambah merokok ya. Merokok dapat menurunkan kolesterol baik yang ada di tubuh."

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions