Rabu, 28 Agustus 2013

Beranda » » RakaTalenta.Com™: Pengertian Dan Makna Musafir

RakaTalenta.Com™
Kumpulan Arsip Berita Online Indonesia // via fulltextrssfeed.com 
Protect Yourself & Family

Never walk alone again with MyForce personal security you keep on your smartphone. Our 5-Diamond CSAA Monitoring Agents instantly monitor all alerts 24/7 nationwide.
From our sponsors
Pengertian Dan Makna Musafir
Aug 27th 2013, 22:09, by Raka Talenta

Makna Musafir

RakaTalenta.Com™, Pengertian secara bahasa berasal dari kata sufru adalah bentuk jamak dari kata safir, sedangkan kata musafirun adalah bentuk jamak dari kata musafir. Kedua kata tersebut yaitu sufru dan musafir mempunyai arti yang sama.

Seseorang yang bepergian dinamakan musafir karena musafir itu bisa dikenal wajahnya oleh banyak orang; bepergian juga menyebabkan mengenal tempat-tempat yang belum dia ketahui, jati dirinya yang sebenarnya bisa dikenal orang dan menyebabkan dia keluar melalui tempat yang tidak berpenghuni.

Bepergian dinamakan safar, karena dengan bepergian itu para musafir bisa dikenali akhlaqnya sehingga akan tampak jelas sifat-sifat yang tersembunyi dalam diri mereka.

Dari keterangan di atas jelas bagi kita, bahwa safar adalah menempuh perjalanan. Menempuh perjalanan dinamakan dengan safar, karena dengan bepergian itu akhlak musafir bisa diketahui. Ada ungkapan orang-orang Arab: "Safarat al mar'atu 'an wajhiha", yang artinya seorang wanita tersebut menampakkan mukanya.

Jadi safar adalah keluar bepergian meninggalkan kampung halaman dengan maksud menuju suatu tempat yang jarak antara kampung halamannya dengan tempat tersebut telah mencapai 80Km - 90Km sehingga membolehkan orang yang bepergian tersebut untuk menjama' atau mengqashar shalatnya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions