Senin, 30 Juni 2014

Beranda » » hot.detik: 'From Zero to Hero' Jadi Kekuatan Film Remaja 'Garuda 19: Semangat Membatu'

hot.detik
Detik.com sindikasi 
Subscribe to Bloomberg Businessweek

Get Bloomberg Businessweek for 84% off what others pay on the newsstand - that's like getting 38 complimentary issues! Sign up today.
From our sponsors
'From Zero to Hero' Jadi Kekuatan Film Remaja 'Garuda 19: Semangat Membatu'
Jun 30th 2014, 07:11

Jakarta - Kisah perjuangan pelatih Tim Nasional Sepakbola Indonesia U-19 Indra Sjafri tidak bisa dipungkiri sangat banyak memberikan 'tamparan' penyemangat untuk olahraga nasional. Proses menuju kemenangan itulah yang menjadi kekuatan utama film berjudul 'Garuda 19: Semangat Membatu'.

Film garapan sutradara Andibachtiar Yusuf itu bercerita mengenai proses pencarian pemain Timnas U-19 yang dilakuakn oleh Indra Sjafri ke berbagai pelosok negeri tanpa bantuan dari pemerintah. Sampai akhirnya keikhlasan dan ketulusan Indra Sjafri terbayar mahal ketika Timnas U-19 meraih kemenagan atas Vietnam di Piala AFF pada 2013 lalu.

"Kekuatan film ini adalah film inspirasi. Film dari orang susah kemudian berhasil, ceritanya 'from zero to hero'. Mereka datang dari tempat-tempat terpencil, Alor, Konawe, Buton. Di Indonesia kan penonton senang melihat orang susah kemudian menjadi berhasil. Itu sebuah inspirasi bagi mereka," jelas sutradara yang juga penggiat bola itu saat ditemui akhir pekan lalu di lokasi syuting 'Garuda 19: Semangat Membatu' di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.

Bagi Andibachtiar, syuting yang sudah berjalan sekitar dua minggu itu cukup menyulitkannya. Misalnya di Wilayah Yogyakarta dan Solo.

"Kesulitan kejar-kejaran dengan waktu, hujan kena dua kali. Jadi kerjanya di luar waktu normal, mulai 18.30 WIB sampai 06.00 WIB," jelas sutradara yang sebelumnya merilis 'Hari Ini Pasti Menang' yang juga bertema sepakbola itu. Namun, di antara semua kesulitan dan kendala, hanya satu yang paling menyakitkan baginya. Apa itu?

"Gue harus ketinggalan pertandingan Piala Dunia tahun ini. Beberapa pertandingan gue lewatin. Makanya kadang di lokasi kalau sudah masuk jam-jam Piala Dunia, udah deh konsen nggak konsen kerjanya," lanjutnya sembari tersenyum.

Nantinya, film yang diproduksi oleh Mizan itu juga akan melakoni syuting ke wilayah-wilayah tempat pemain Timnas u-19 sesungguhnya ditemukan. Selain Yogyakarta dan Solo, tiga kota lain yang mewakili adalah Buton, Konawe dan Alor.

Aktor senior Mathias Muchus berperan sebagai Indra Sjafri. Sedangkan para pemain Timnas U-19 akan dimainkan oleh aktor-aktor muda seperti Yusuf Mahardika, Rendy Ahmad, Gazza Zubizareta serta beberapa pemain baru yang didatangkan langsung dari daerah asal.

Film yang dikembangkan dari buku karya Rudi Gunawan berjudul 'Semangat Membatu' itu dijadwalkan tayang September mendatang.

(hap/mmu)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
ga_u19themoviemizanejp099.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions