Jakarta - "Me and Dan Auerbach are excited to present you Ultraviolence," itulah caption yang tertulis pada foto yang di-posting Lana Del Rey di Twitter pada 20 Februari lalu. Dan Auerbach adalah frontman The Black Keys yang namanya kelak tertera sebagai salah satu produser album ini.
Sebenarnya itu bukan sebuah kejutan lagi, lantaran judul 'Ultraviolence' sudah dibocorkan beberapa bulan sebelumnya pada sebuah kredit film pendek 'Tropico' (2013), sebagai judul album terbaru Lana Del Rey. Lana total telah merilis 4 single; 'West Coast', 'Shades of Cool', 'Ultraviolence' dan 'Brookly Baby; lewat kanal Youtube sebelum album ini resmi dikeluarkan secara umum pada 13 Juni lalu.
Lana terlihat bersemangat untuk album ini. Padahal sebelumnya ia pernah mengatakan tidak akan membuat album lagi setelah 'Born To Die' (2012), album yang melambungkan namanya tersebut. Well, tampaknya tidak semua yang ingin ia katakan sudah terwakili dalam 'Born To Die'. Masih ada kesedihan dan sisi gelap yang ingin dituangkan dalam 'Ultraviolence'.
Seperti yang ditunjukkan selama 6 menit 'Cruel World', ia ingin keluar dari dunia yang begitu kejam. Riff gitar yang meraung-raung serta vokal Lana yang multi-layer menambah suasana lagu menjadi lebih resah dari biasanya.
'Ultraviolence' judul sad-core Lana lainnya. "He hit me and it felt like a kiss," demikian ia mengulang judul lagu yang dipopulerkan The Crystal (1962) pada lirik 'Ultraviolence' yang bercerita tentang kekerasan fisik dalam hubungan asmara. Ironis.
Mungkin 'Shades of Cool' bisa menjadi soundtrack untuk film James Bond selanjutnya. Musik Lana Del Rey memang terkenal sinematik lantaran terpengaruh dari soundtrack dan scoring film. Ia sudah 2 kali menyanyikan soundtrack film; 'Young and Beautiful' untuk 'The Great Gatsby' (2013) dan 'Once Upon A Dream' untuk 'Maleficent' (2014) yang tayang di bioskop baru-baru ini.
Selain The Beach Boys dengan pengaruh baroque-nya, Lou Reed memberikan memori tersendiri untuk Lana ("Well my boyfriend's in a band/ He play guitar while I sing Lou Reed" dari 'Brooklyn Baby'). Dan Auerbach mengubah irama verse-chorus dalam 'West Coast', mengisinya dengan riff gitar yang bluesy dan fill-in drum reggae. Next »
(mmu/mmu) This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.