Rabu, 23 Juli 2014

Beranda » » hot.detik: Seniman Jepang Pajang Bonsai di Luar Angkasa?

hot.detik
Detik.com sindikasi 
The Best Way to Manage your Money.

Start using Mint today to set a budget, track your goals and do more with your money.
From our sponsors
Seniman Jepang Pajang Bonsai di Luar Angkasa?
Jul 23rd 2014, 10:39

Jakarta - Ada-ada saja yang dilakukan oleh seniman asal Jepang ini. Azuma Makato mengirimkan pohon bonsai dan tanaman bunga hingga ke luar angkasa sebagai karya seni terbarunya. Wow!

Hal ini dilakukannya dalam rangka perayaan ulang tahun NASA yang ke-45. Makato yang berdomisili di Tokyo menggunakan dua balon helium yang terdapat kamera dan diselipkan di dalamnya. Kamera tersebut mampu menangkap gambar di ruang yang gelap.

"Aku ingin melihat keindahan tanaman ini di luar angkasa. Di ruang yang gravitasinya berbeda dengan bumi," ungkapnya seperti dilaporkan oleh New York Times, Rabu (23/7/2014).

Dengan bantuan timnya yang berjumlah 10 orang dan dari Sacramento JP Aerospace, Makato merancang misi yang disebutnya 'Exobiotanica' tersebut. Dua balon disiapkan, yang pertama adalah bonsai berusia 50 tahun yang mampu naik di ketinggian 28 ribu meter. Setelah 100 menit, balon tersebut meledak dan jatuh ke bumi.

Sedangkan balon keduanya adalah sebuket tanaman bunga yang dibuatnya dalam teknik ikebana atau seni merangkai bunga ala Jepang. Balon ini berhasil mencapai ketinggian 26 ribu meter pada waktu yang sama.

Kamera yang digunakan Makato adalah GoPro sebagai sumbangan dari FujiFilm. "Saya sengaja menyusun bunga-bunga ini dengan warna terang agar kontras di ruangan yang gelap. Ada 30 jenis bunga termasuk bunga lili, dahlia, dan anggrek," ungkapnya.

Melalui kamera tersebut, gambar-gambar berhasil dijepret dan diterima ke software GoPro yang sudah diinstal terlebih dahuludi komputer. Meski dua karya seni instalasi tersebut sudah meledak, namun Makato mengaku puas dengan hasil jepretan mengagumkan tersebut.

(tia/ron)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
azumamakato_dlm.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions