Sabtu, 17 Agustus 2013

Beranda » » Sindikasi celebrity.okezone.com: Elysium, Cerita Fiksi tentang Sosilogi dan Politik

Sindikasi celebrity.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Celebrity // via fulltextrssfeed.com 
Protect Yourself & Family

Never walk alone again with MyForce personal security you keep on your smartphone. Our 5-Diamond CSAA Monitoring Agents instantly monitor all alerts 24/7 nationwide.
From our sponsors
Elysium, Cerita Fiksi tentang Sosilogi dan Politik
Aug 17th 2013, 12:35

Sabtu, 17 Agustus 2013 19:35 wib
Maria Cicilia Galuh - Okezone

Elysium (foto: ist)

Elysium (foto: ist)

JAKARTA- Dalam mitologi Yunani, Elysium atau Elisian adalah alam yang dihuni para pahlawan, tokoh suci, dan sosok pilihan dewa. Penghuninya tetap hidup meski sudah mati. Bahkan, kehidupan mereka sangat bahagia dan sempurna di 'dunia bawah' sana.

Konsep serupa diimpikan tokoh Max da Costa, yang diperankan Matt Damon. Bedanya, Elysium berbentuk stasiun luar angkasa tahun 2154, yang hanya dihuni para konglomerat. Manusia superkaya hidup tenang dengan fasilitas kesehatan, lingkungan yang nyaman, dan udara bersih. Tidak ada penyakit yang tak tersembuhkan. Bahkan, kematian pun bisa dicegah lewat teknologi canggih.

Sementara di bumi, orang miskin seperti Max harus bergulat dengan polusi udara, penyakit, kemiskinan, dan tindak kriminal. Terlebih setelah sekarat karena terpapar radiasi, Max harus mengakses alat terapi yang hanya tersedia di Elysium.

Karena bukan warga Elysium, Max berencana menjadi imigran gelap dengan menumpang kapsul antariksa, yang dikelola geng penjahat di Los Angeles. Syaratnya, Max diminta mengunduh isi otak warga Elysium, agar datanya bisa ditiru penduduk bumi.

Masalahnya, sistem Elysium dijaga ketat oleh Menteri Pertahanan Delacourt (Jodie Foster). Dibantu prajurit bayaran, Delacourt menjalankan misi tersembunyi untuk melindungi Elysium. Belum lagi konflik dari sahabat masa kecilnya, yang tak gentar masuk Elysium untuk mendapat pengobatan terbaik.

Meski ceritanya fiksi dan sangat menunjukkan sisi futuristik, Elysium sebenarnya menggambarkan kondisi dunia saat ini. Masalah kapitalisme, kesenjangan sosial, mahalnya biaya kesehatan, dan problem imigrasi dikisahkan dalam adegan menegangkan yang bertempo cepat.

Oleh karenanya, film garapan Neill Blomkamp ini, merupakan sebuah hiburan yang pas bagi anda pencinta topik sosiologi dan politik.

(gal)

mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions