Kamis, 08 Agustus 2013

Beranda » » Liputan6 - RSS 0.92: Siapakah Band Favorit Masyarakat Jepang?

Liputan6 - RSS 0.92
Liputan6.com merupakan situs berita aktual, tajam, terpercaya yang dimiliki SCTV // via fulltextrssfeed.com 
Ready to move beyond the basics?

Enroll in this advanced DSLR course to explore more creative scenarios, image editing, and videography.
From our sponsors
Siapakah Band Favorit Masyarakat Jepang?
Aug 8th 2013, 14:12

Oleh Ruly Riantrisnanto

Posted: 08/08/2013 20:20

Siapakah Band Favorit Masyarakat Jepang?

Bz, Southern All Stars, BOOWY, X Japan, MrChildren, dan L'Arc~en~Ciel

Liputan6.com, Tokyo : Grup musik yang ada di Jepang sudah banyak dan bertaburan dari masa ke masa. Namun untuk melihat siapa yang paling terkenal di negerinya sendiri, bukanlah perkara mudah bagi para penggemarnya di luar negeri. Terlebih lagi pada beberapa dekade silam.

Hal itu dikarenakan pada beberapa dekade lalu, informasi masih sangat terbatas dan teknologi informatika masih belum secanggih seperti saat ini.

Tentu saja dengan bantuan teknologi pada masa sekarang ini, lagu-lagu garapan band-band yang sangat terkenal di Jepang, kini bisa dinikmati oleh orang-orang dari luar Negeri Sakura itu. Terutama bagi pendengar yang rasa ingin tahunya cukup besar.

Ternyata, selera musik orang Jepang asli sangat berbeda dengan penikmat musik Jepang yang ada di seluruh dunia. Sehingga, menjadi hal yang sangat langka jika band-band lokal Jepang bisa sangat terkenal di kancah permusikan dunia.

Sempat tersiar bahwa fans musik Jepang di luar negara asalnya itu lebih menyukai lagu-lagu yang dibawakan oleh band-band beraliran visual kei. Contoh saja The Gazette, Dir en grey, Mucc, dan Alice Nine.

Sebuah deretan nama-nama band paling terkenal di Jepang datang dari sebuah situs bernama Gooranking beberapa waktu lalu. Di dalamnya, terdapat peringkat band Jepang terfavorit dan terpopuler yang sangat mewakili selera musik masyarakat Jepang pada umumnya.

Kebanyakan dari nama-nama yang ada memang sudah eksis sejak lama, bahkan ada yang sudah memulai kariernya sejak 1970an hingga kini. Sementara itu, nama-nama lainnya ada yang sudah bubar, namun ada juga yang cukup baru.

Berikut urutan band-band Jepang yang menjadi pilihan utama rakyat Negeri Sakura itu menurut perhitungan Gooranking:

1. B'z
2. Southern All Stars
3. BOOWY
4. X JAPAN
5. Mr.Children
6. L'Arc~en~Ciel
7. THE BLUE HEARTS
8. GLAY
9. ONE OK ROCK
10. Princess Princess

Meski mencerminkan selera musik masyarakat Jepang, namun deretan nama di atas sempat menjadi polemik di kalangan penggemar musik di luar Jepang. Hal ini sangatlah wajar, karena nama-nama yang hinggap di tempat tertinggi tersebut tidak terlalu populer di mata dunia.

Namun kalau melihat nama-nama seperti B'z dan Southern All Stars, mereka memang selalu menguasai pasar nasional setiap kali merilis karya terbaru, baik itu berupa single maupun album. Hal tersebut bisa dilihat dari data penjualan album mereka di negara asalnya.

Boowy dianggap menjadi band yang paling inspiratif oleh beberapa musisi baru. X Japan sempat menjadi ikon visual kei di Jepang. Sementara itu, Mr.Children sukses membius para pendengar musik di negaranya melalui lagu-lagu mereka.

Hal yang melegakan para penikmat musik Jepang di dunia tentu saja dengan munculnya nama L'Arc~en~Ciel, GLAY, dan ONE OK ROCK yang memang sangat dikenal oleh para fans di luar negaranya, terutama Indonesia.(Rul)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions