Senin, 12 Agustus 2013

Beranda » » Liputan6 - RSS 0.92: Mudik ke Jogja, Roro Fitria Melakukan 4 Ritual Ini

Liputan6 - RSS 0.92
Liputan6.com merupakan situs berita aktual, tajam, terpercaya yang dimiliki SCTV // via fulltextrssfeed.com 
Curious about the benefits of meditation?

In just a few minutes daily, this course will teach you how to relax and relieve stress. Even with a full schedule, you will want to make time for this!
From our sponsors
Mudik ke Jogja, Roro Fitria Melakukan 4 Ritual Ini
Aug 12th 2013, 06:18

Oleh Rommy Ramadhan

Posted: 12/08/2013 13:00

Mudik ke Jogja, Roro Fitria Melakukan 4 Ritual Ini

Roro Fitria (Liputan6.com/Rommy Ramadhan)

Liputan6.com, Yogyakarta : Tinggal dan menjalani aktivitas di Jakarta, tapi artis cantik yang tengah melambung namanya, Roro Fitria tak melupakan kampung halamannya, Yogyakarta. Momen Lebaran dimanfaatkan betul oleh Roro untuk mudik ke Jogja.

Selama berlebaran di Jogja, ada 4 ritual khusus yang dilakukan Roro Fitria yang masih keturunan trah Tirto Sastro Permono, dari silsilah Raden Patah.

1.Takbiran di Mesjid Gedhe
Di malam takbiran, Roro Fitria terbiasa mengumandangkan takbir di Mesjid Gedhe Kauman. "Bersama keluarga besar, aku mengumandangkan takbir di Mesjid Gedhe yang biasa kami sebut sebagai Mesjid Ageng Nyayokyokarto," kata Roro Fitria yang lahir di Yogyakarta, 29 Desember 1987, saat dihubungi Senin (12/8/2013).

2. Sungkeman
"Lebaran hari pertama sungkeman. Dari eyang putri (nenek), eyang kakung (kakek). Dari sillsilah tertua hingga termuda, bopo tuo (pakde), ibu tuo (bude), bopo enom (Om) dan ibu enom (tante), dan seterusnya," jelas Roro Fitria.

3. Ziarah kubur
Masih di hari pertama Lebaran, sore harinya Roro Fitria melakukan ziarah ke makam leluhur. "Kami terbiasa melakukan ziarah dengan membawa bunga setaman, dupa dan air doa," papar Roro Fitria.

4. Open House
"Biasanya di hari kedua, aku menggelar open house. Bersilaturahmi dengan keluarga besar, para tetangga dan lingkungan sekitar," papar Roro.(Rom)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions