Selasa, 06 Agustus 2013

Beranda » » Liputan6 - RSS 0.92: Aktor-aktor Asia yang Berani Lakukan Adegan Berbahaya

Liputan6 - RSS 0.92
Liputan6.com merupakan situs berita aktual, tajam, terpercaya yang dimiliki SCTV // via fulltextrssfeed.com 
Aktor-aktor Asia yang Berani Lakukan Adegan Berbahaya
Aug 6th 2013, 12:27

Totalitas Peran

Oleh Ruly Riantrisnanto

Posted: 06/08/2013 18:50

Aktor-aktor Asia yang Berani Lakukan Adegan Berbahaya

Liputan6.com, Asia : Bermain dalam film laga, tentunya sangat tidak mudah. Mulai dari persiapan tempat, fasilitas keamanan, obat-obatan, hingga disediakannya para stuntman atau pemeran pengganti untuk adegan berbahaya. Hal tersebut dilakukan agar para aktor maupun aktris yang ditunjuk sebagai pelaku utama, bisa berakting dengan baik hingga jadwal syuting berakhir.

Di benua Asia, terdapat beberapa nama aktor maupun aktris yang selalu beraksi tanpa stuntman saat adegan berbahaya dituangkan ke dalam sebuah rekaman. Hal itu bisa dibilang luar biasa, mengingat banyak aktor yang tak ingin wajah atau tubuhnya luka karena ingin lancar dalam berakting.

Meskipun dinilai memakan lahan pekerjaan bagi para stuntman, namun para aktor maupun aktris Asia tersebut berani mengambil resiko besar. Bahkan resiko tersebut mempertaruhkan keselamatan hingga nyawa mereka sekalipun.

Keberanian para aktor itu pun mempermudah pekerjaan para kameramen maupun editor film yang tak perlu repot-repot menyembunyikan wajah sang pemain. Siap sajakah nama-nama bintang film Asia yang memiliki kemampuan lebih itu? Berikut deretannya.

Jackie Chan

Sebagai aktor film laga Asia yang sudah terkenal di dunia, nama Jackie Chan pasti sudah tidak asing lagi di mata para penggemar film. Kehebatan bela diri aktor asal Hong Kong itu sangatlah luar biasa, sehingga tak ada satupun film yang menggunakan stuntman saat ia menjadi bintangnya.

Luar biasanya lagi, Jackie Chan hampir berkali-kali mengalami patah tulang dan luka-luka setiap kali beradegan laga. Penyebabnya pun beragam, mulai dari jatuh dari ketinggian maupun terkena pecahan kaca.

Kiprahnya di Hong Kong cukup disegani saat ia bermain dalam berbagai film laga. Sebut saja diantaranya 'Snake in the Eagle's Shadow' (1978), 'Project A' (1983), 'Police Story' (1985), 'Dragons Forever' (1988), serta 'The Legend of Drunken Master' (1994). Kemampuan bela dirinya dimanfaatkan dengan sangat baik dalam film-film tersebut.

Selain di negeri asalnya, Jackie Chan juga telah berpengalaman dalam menapaki ranah Hollywood melalui 'Who Am I?' (1998), 'Rush Hour' (1998-2007), 'Shanghai Noon' (2000), 'Shanghai Knights' (2003), 'The Forbidden Kingdom' (2008), dan 'The Spy Next Door' (2010). Ia juga sempat mengisi suara dalam film animasi 'Kung Fu Panda' (2008-2011).

Bruce Lee

Siapa yang tidak mengenal Bruce Lee? Bagi para penggemar film Kung Fu, pastinya tidak ada yang tidak mengenal mendiang aktor lawas yang sudah menjadi sejarah ini. Pada pertengahan abad ke 20, nama Bruce Lee sangat populer di kalangan pecinta film bela diri.

Memulai kariernya sejak 1941, Bruce Lee sudah bermain di banyak film-film laga terkenal. Antara lain 'The Big Boss' (1971), 'Fist of Fury' (1972), dan 'Way of the Dragon' (1972).

Film-film yang diperankannya tidak pernah menggunakan stuntman, karena ia memang memiliki kemampuan bela diri yang sangat baik. Salah satu sahabat karib sekaligus lawan tarungnya dalam layar adalah Chuck Norris.

Karier Bruce Lee mulai menjadi sejarah setelah bermain 'Enter the Dragon', karena ini adalah film terakhir Bruce Lee yang dimainkannya sebelum ia wafat karena sakit pada 20 Juli 1973 silam.

Sammo Hung

Di dunia film Kung Fu, nama Sammo Hung sangat disegani hingga menjadi salah satu koreografer film bela diri yang paling diandalkan di negerinya. Sebagai aktor ia pun sukses melalui judul-judul yang dimainkannya meskipun berbadan tambun.

Ia juga bisa beraksi luar biasa di banyak film laga yang dimainkannya. Antara lain 'The Prodigal Son', 'Warriors Two', 'Magnificent Butcher', hingga 'Project A' yang dimainkannya bersama Jackie Chan. Ia juga tampil bersama Donnie Yen dalam 'Ip Man 2'.

Jet Li

Terlahir di China, Jet Li memulai debutnya dalam 'Shaolin Temple' pada 1982. Gerakan-gerakan bela diri yang dilancarkannya bisa membuat penonton berdecak kagum. Contoh saja aksinya lainnya dalam film 'Once Upon A Time In China' yang dibuat dalam beberapa seri. Melalui 'Hero' dan 'Fist of Legend', nama Jet Li langsung bergaung di kancah perfilman dunia.

Moon Lee

Nama Moon Lee sangat harum di dunia perfilman Hong Kong. Sebagai salah satu aktris wanita terpopuler, film-filmnya banyak berisi adegan laga tanpa bantuan stuntman. Sebut saja judul-judul seperti 'Angel', 'Mission of Condor', maupun 'Killer Angels'.

Michelle Yeoh

Nama Michelle Yeoh juga tak kalah harumnya di kancah perfilman Hong Kong bahkan hingga ranah Hollywood. Selain kemampuannya dalam beraksi tanpa stuntman, aktris yang memulai kariernya sejak 1980an ini juga memilki kemampuan bela diri yang sangat luar biasa.

Aksi-aksinya ditampilkan secara maksimal saat bermain 'Tomorrow Never Dies' yang merupakan salah satu seri film 'James Bond'. Prestasinya melonjak tajam saat ia memamerkan kemampuan bela dirinya dalam film 'Crouching Tiger, Hidden Dragon'.

Tony Jaa

Bagi yang pernah menonton film seperti 'Ong Bak' dan 'The Protector' (Tom Yum Goong), pasti akan mengakui bahwa aksi-aksi Tony Jaa yang dilakukannya tanpa stuntman dalam film tersebut sangat luar biasa. Di layar lebar, Tony bisa melakukan berbagai macam gaya bela diri Muay Thai yang berasal dari negaranya sendiri, yaitu Thailand.

Donnie Yen

Melalui judul-judul film beladiri yang dilakoninya, Donnie Yen mendapat sambutan yang luar biasa dari kalangan penonton. Donnie Yen sempat tenar saat bermain film semi biografi 'Ip Man' hingga sukses menguasai gerakan Win Chun. Aliran tersebut sempat dipelajari oleh Bruce Lee dimana Ip Man yang asli merupakan gurunya langsung.

Akshay Kumar

Meskipun berasal dari India, Akshay Kumar melakukan adegan laganya sendirian. Salah satu contoh film yang dimainkannya tanpa bantuan stuntman adalah 'Khiladiyon Ka Khiladi'. Di negaranya, ia tampil di televisi melalui berbagai macam acara seperti 'Fear Factor: Khatron Ke Khiladi' dan 'MasterChef India'.

Iko Uwais

Salah satu aktor yang tergolong baru di tanah air ini, memiliki reputasi yang membanggakan di mata rakyat Indonesia. Semenjak bermain dalam 'Merantau', nama Iko Uwais langsung melejit sebagai aktor pertama yang sukses membawa Pencak Silat ke kancah film laga.

Terlebih lagi setelah muncul dalam 'The Raid' yang tayang di seluruh dunia, pamornya langsung melesat lebih tinggi lagi. Kini namanya menjadi salah satu aktor bela diri yang diperhitungkan di mata sineas dunia. Kini rakyat Indonesia pun mengandalkannya sebagai salah satu aktor yang bisa berjaya di seluruh dunia.(Rul)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions